Wednesday, January 28, 2009

Lampu “dop” yang Dipasarkan PT GE Lightning Indonesia Bergaransi?

Pada tanggal 25 Januari 2009 saya membeli lampu merk “dop” yang dipasarkan oleh PT GE Lightning Indonesia. Yang Saya beli adalah lampu hemat energi (energy saving) 22 watt. Pada kemasan lampu hemat energi yang saya beli terdapat informasi bahwa lampu tersebut memiliki performa yang sama dengan lampu 100 watt biasa, memenuhi standard international IEC 60968 dan IEC 60969, mampu menghemat energi hingga 80%, dan fitur-fitur menrik lainnya. Yang paling menarik mata saya adalah tulisan “GARANSI” yang cukup besar dan tentunya diakhiri dengan tanda bintang kecil. Dan juga ada tulisan yang cukup menggelitik “Tahan lama hingga 3 tahun, dengan pemakaian 2.7 jam per hari” pada kemasan lampu yang diproduksi di Cina ini.

Saat dicoba di took, lampu yang saya beli hidup tanpa gangguan dan memang lebih terang dari merk lain yang harganya lebih murah. Saat Saya pasang dirumah untuk mengganti lampu kamar yang sudah mati, lampu tersebut menyela dengan terang seketika tanpa kedip sesuai yang tertera pada kemasannya. Dari segi performa produk sebetulnya tidak ada yang dibwah harapan Saya saat membeli lampu tersebut.

Namun Saya masih penasaran dengan makna tanda bintang kecil setelah tulisan “GARANSI”. Saya cermati kemasannya dan saya temukan tulisan kecil di bagian bawah kemasan “Bergaransi 6 bulan. Ketentuan dan Syarat berlaku.” Sebetulnya tulisan seperti itu bukanlah hal yang asing lagi pada produk-produk yang bergaransi. Walaupun begitu Saya justru semakin penasaran dengan tulisan “… Syarat dan Ketentuan berlaku”.

Saya periksa kembali isi kemasan lampu yang Saya dan Saya temukan selembar kertas kecil bertuliskan “Kartu Garansi”. Kartu garansi yang terdapat dalam kemasan hanyalah kertas tipis berukuran kecil dan tidak ada cap atau stempel resmi (apalagi sticker hologram).

Pada kartu garansi saya kembali menemukan tanda bintang kecil, yang ternyata di sebelah kanannya terdapat penjelasan lebih detail tentang garansi yang isinya sama dengan persyaratan yang tertulis lengkap pada halaman sebaliknya.


Setelah membaca secara keseluruhan tulisan pada kartu garansi saya tidak yakin bahwa kartu garansi tersebut akan pernah terpakai. Dan mungkin itulah alsanya kartu garansi tersebut dibuat ala kadarnya.

Dalam kartu garansi untuk dapat mengklaim garansi disyaratkan produk hanya digunakan 8 jam per hari dalam kondisi normal. Untuk itu bagi Anda yang membutuhkan penerangan lampu lebih dari 8 jam tanpa henti dan ingin mendapatkan garansi alangkah lebih bijak kalau Anda berhati-hati dalam memilih lampu yang Anda beli dan pastikan Anda telah memahami syarat dan ketentuan garansi produk yang Anda beli.

No comments:

Post a Comment