Friday, January 23, 2009

Sejarah Orang Cina dalam Berbisnis di tanah Melayu

Pada saat Malaysia merdeka, pengakuan atau indentitas suatu kelompok masyarakat tertentu berdasarkan pada bidang pekerjaan yang digelutinya. Orang melayu dikaitkan dengan sektor pertanian dan bekerja sebagai petani. Orang Cina berdagang dan mendiami wilayah perkotaan. Orang India tinggal di kompleks perumahan dan bekerja di sector perkebunan. Setelah hampir beberapa dekade negara Malaysia merdeka, pengakuan atas kelompok masyarakat tertentu yang berdasarkan bidang pekerjaan yang digelutinya sudah mulai hilang. Semakin banyak orang Melayu dan India menggeluti bidang perdagangan. Adapun bagi orang Cina, perdagangan sudah menjadi pekerjaan utama mereka.

Dasar Ekonomi Baru yang diperkenalkan di awal tahun 1970-an berhasil melahirkan sejumlah pengusaha, ahli perdagangan, dan pemimpin perusahaan dari kalangan pribumi, baik yang beragama Islam maupun non-Islam. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa perdagangan adalah bidang yang dapat dipelajari dan tidak menjadi monopoli kelompok masyarakat tertentu. Namun, usaha-usaha untuk mematahkan dominasi orang Cina di bidang ekonomi, sampai saat ini masih belum berhasil dilakukan. Hal ini karena hubungan perdagangan di antara orang Cina begitu erat sehingga tidak dapat dipisahkan, memang seperti itulah jika kita membicarakan kelompok masyarakat Cina tersebut.

Mereka menyebar ke berbagai negara meninggalkan keluarga mereka masing-masing. Bagi orang Cina, mereka berbuat demikian bukan karena tidak mencintai negara yang menjadi tanah tumpah darahnya. Akan tetapi mereka harus melanjutkan hidup dan terus melangkah ke depan. Apa yang mereka lakukan mengulang proses kedatangan nenek moyang mereka ke Tanah Melayu. Evolusi sejarah ini akan terus terjadi untuk memenuhi tuntutan siklus ekonomi dunia yang selalu berubah. Orang Cina adalah bangsa yang paling fleksibel, mudah berubah, dan menyesuaikan diri dengan keadaan yang bagaimanapun. Mereka akan dapat hidup dan mencari makan di mana pun mereka berada. Inilah salah satu kepandaian dan ketrampilan orang Cina.

No comments:

Post a Comment